Skip to main content

Penerapan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan

Di zaman modern seperti sekarang ini, tentunya kita tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya teknologi. Dengan adanya teknologi pekerjaan yang kita lakukan dapat diselesaikan dengan lebih mudah. Banyak teknologi yang telah diciptakan manusia, dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks. Dan salah satu teknologi yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari adalah teknologi informasi. Teknologi informasi pun penerapannya banyak ke bidang-bidang kehidupan lainnya, seperti kesehatan, ekonomi, sosial, dan lainnya. Salah satu produk dari teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini yaitu ERP yang dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan. 

Untuk dapat bersaing di era global seperti sekarang ini, sebuah perusahaan haruslah dapat memiliki nilai lebih dibanding para kompetitornya, banyak hal yang dapat dilakukan tapi tentulah dengan teknologi semuanya bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Teknologi yang dapat membantu sebuah perusahaan adalah ERP (Enterprise Resource Planning). ERP adalah sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Dewasa ini perusahaan memperhitungkan ERP sebagai bagian penting dari suatu organisasi. ERP mengintegrasikan berbagai sistem informasi di dalam perusahaan. ERP mampu menyediakan informasi secara real-time tentang proses bisnis inti perusahaan seperti produksi, order processing, dan inventory management. ERP memantau sumber  daya perusahaan seperti uang, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai. ERP dipergunakan untuk mengelola status komitmen bisnis yang dibuat misalnya customer orders, purchase orders, and employee payroll. Dengan ERP data dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai departemen (manufacturing, purchasing, sales, accounting, dsb.) ERP mengelola data secara sentral sehingga hanya perlu sekali saja memasukkan data untuk selanjutnya dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya. ERP melancarkan arus informasi yang berjalan lintas fungsi di dalam organisasi sampai kepada hubungan dengan para stake holder di luar perusahaan.

Menurut Daniel E. O’Leary sistem ERP memiliki karakteristik sebagai berikut [WHI-2006]:
•   Sistem ERP adalah suatu paket perangkat lunak yang didesain untuk lingkungan pelanggan                  pengguna server, apakah itu secara tradisional atau berbasis jaringan.
•   Sistem ERP memadukan sebagian besar dari proses bisnis.
•   Sistem ERP memproses sebagian besar dari transaksi perusahaan.
•   Sistem ERP menggunakan database perusahaan yang secara tipikal menyimpan setiap data                  sekali saja.
•   Sistem ERP memungkinkan mengakses data secara waktu nyata (real time).
•   Dalam beberapa hal sistem ERP memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan                      perencanaan.
•   Sistem ERP menunjang sistem multi mata uang dan bahasa, yang sangat diperlukan oleh                      perusahaan multinasional.
•   Sistem ERP memungkinkan penyesuaian untuk kebutuhan khusus perusahaan tanpa                              melakukan pemrograman kembali.

Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung oleh seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software dan hardware sehingga pengolahan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi. Oleh karena itu, hampir tidak mungkin mewujudkan konsep ERP tanpa adanya dukungan sistem berbasis komputer.
Pada intinya ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) halangan arus informasi antar unit kerja. Selain itu solusi ERP dapat:
- Memberikan pandangan global, real-time akan data/informasi yang bisa dimanfaatkan secara                proaktif untuk pengambilan keputusan dan mendorong perbaikan.
- Meningkatkan kepatuhan kepada standar peraturan sistem keuangan dan mengurangi resiko.
- Mengotomasi operasional proses bisnis initi misalnya seperti lead-to-cash, order-to-                              fulfillment, procure-to-pay, dsb.
- Meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan satu sumber untuk penagihan dan                    relationship tracking.
- Mengeliminasi redundansi pada proses dan sistem informasi sehinga secara menyeluruh                      dapat menurunkan biaya operasional.
- Meningkatkan kualitas kerja dengan mengimplementasikan best practices yang ada di dalam                sistem ERP.

Konsep ERP dapat dijalankan dengan baik, jika didukung oleh seperangkat aplikasi dan infrastruktur komputer baik software dan hardware sehingga pengolahan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan terintegrasi. Oleh karena itu, hampir tidak mungkin mewujudkan konsep ERP tanpa adanya dukungan sistem berbasis computer
Salah satu perusahaan yang menggunakan sistem ERP ini adalah PT Wismilak Inti Makmur Tbk, salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Penerapan sistem ERP ini untuk ratusan pengguna di berbagai lini distribusi PT Wismilak Inti Makmur Tbk yang mencakup modul Finance, Controlling, Sales Distribution, Production Planning, Materia  Management dan Project System.  “Kami menyadari bahwa untuk bersaing sebagai perusahaan kelas dunia, kami harus terus meningkatkan efisiensi sistem dan produktifitas. Sistem perusahaan harus saling terkoneksi dan terintegrasi di masing-masing lini usaha kami, yaitu dengan memberikan informasi secara real-time termasuk dalam pengolahan data. Dengan sistem ERP, kami percaya diri untuk maju dan menjadi yang terbaik dalam pengolahan data perusahaan,” kata Surjanto Yasaputera, Corporate Secretary, PT Wismilak Inti Makmur Tbk.
            Menurut saya sistem ERP ini suatu saat nanti mungkin akan menjadi suatu kebutuhan dan salah satu komponen yang harus ada di perusahaan karena banyak sekali keuntungan dari sistem ERP ini. Selain itu, ERP akan sangat membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya karena informasi pada suatu sistem dapat diperoleh secara reak time sehingga pengambilan keputusan dapa dilakukan secara tepat dan akurat. Jadi jika sebuah perusahaan ingin mendunia dan bersaing secara global tidak ada salahnya untuk menerapkan sistem ERP ini.



Tim.(2015). Penggunaan Aplikasi ERP Optimalkan Gerak Roda Bisnis Maskapai.Dipetik tanggal 20 oktober 2015 pukul 09.29 dari http://www.ptbsi.co.id/index.php/news/news/129-penggunaan-aplikasi-erp-optimalkan-gerak-roda-bisnis-maskapai.
Tim.(2015). Sistem ERP SAP Tingkatkan Performa PT Wismilak Inti Makmur, Tbk .Dipetik tanggal 21 oktober 2015 pukul 18.53 dari http://www.metrodata.co.id/read-press-release/sistem-erp-sap-tingkatkan-performa-pt-wismilak-inti-makmur--tbk/200.
Tim.(2015). Apa Itu ERP .Dipetik tanggal 20 oktober 2015 pukul 09.21 dari http://www.mentaya.co.id/mty16/index.php/77-ulasan/68-apa-itu-erp.



Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kecermatan, Ketepatan, dan Ketelitian

Ketelitian (presisi) adalah kesesuaian diantara beberapa data pengukuran yang sama yang dilakukan secara berulang. Tinggi rendahnya tingkat ketelitian hasil suatu pengukuran dapat dilihat dari harga deviasi hasil pengukuran. ketepatan (akurasi) adalah kesamaan atau kedekatan suatu hasil pengukuran dengan angka atau data yang sebenarnya (true value / correct result). Kecermatan adalah kedekatan hasil uji antara hasil yang diperoleh dengan nilai yang sebenarnya (true value) atau dengan nilai referensinya (Chown Chung Chan, 2004). Sumber http://setyokobreni.blogspot.com/2014/07/validasi-metode-analisis-menurutfda.html http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/instrumen_analisis/perlakuan-data-hasil/ketepatan-dan-ketelitian/

Tiga Tahun Di Elektro Itenas

Ya jadi di tulisan ini saya pingin berbagi cerita 3 tahun kuliah di elektro Itenas rasanya kaya gimana, buat cerita diluar perkuliahan nnt terpisah ya. Ohiya dan kebetulan saya searching di google jarang anak Itenas yang nulis blog tentang kampusnya cuma ada beberapa doang jadi kepikiran deh buat nulis. Sebenernya udah lama sih kepikiran pingin nulis, ada kali dari 3 tahun lalu pas masih maba, tapi lain di hati lain di tindakan hehehe.

Gambar Ukuran Lapangan Tennis

Ukuran Lapangan Tennis Ukuran Net Tennis