Skip to main content

Tiga Tahun Di Elektro Itenas

Ya jadi di tulisan ini saya pingin berbagi cerita 3 tahun kuliah di elektro Itenas rasanya kaya gimana, buat cerita diluar perkuliahan nnt terpisah ya. Ohiya dan kebetulan saya searching di google jarang anak Itenas yang nulis blog tentang kampusnya cuma ada beberapa doang jadi kepikiran deh buat nulis. Sebenernya udah lama sih kepikiran pingin nulis, ada kali dari 3 tahun lalu pas masih maba, tapi lain di hati lain di tindakan hehehe.


Ohiya sebelum mulai ke tulisan saya yang pertama ini saya mau sedikit kenalan ya. Jadi saya adalah seorang mahasiswa jurusan Teknik Elektro Itenas angkatan 2014  jadi sekarang tingkat akhir, dengan peminatan telekomunikasi. 

Oke saya mulai cerita tentang perkuliahannnya dulu. Di tahun pertama tuh kalo bisa dibilang kuliah di Elektro Itenas gampang-gampang sulit. Jadi di semester 1 dan 2 mata kuliahnya masih matkul umum belum terlalu mengarah ke jurusannya masih ketemu matematika dasar (kalkulus), fisika, bahasa indonesia, dan yang umum2 lainnya deh paling di semester 2 udah ketemu yang namanya rangkaian elektrik kalau gasalah sekarang namanya rubah jadi dasar analisis rangkaian. Buat kamu yang dulunya mantan pejuang SBMPTN saya yakin semester 1 dan 2 bukan masalah besar sehingga bisa dilewati lancar2 aja, yang penting jangan diremehkan juga ya. Dan bisa dibilang tahun pertama ini ladang nilai jadi sayang kalau disia-siain. Untuk praktikum pun masih sedikit, hanya praktikum fisika dasar dan rangkaian elektrik.

Masuk tahun kedua udah mulai ketemu sama matkul elektro nya, semacam dasar elektronika, dasar telekomunikasi dan dasar energi elektrik. Terus ditambah juga matkul lain kaya matematika teknik dan medan elektromagnetik. Nah bisa dibilang otak mulai ngebul di tahun kedua ini. Praktikum juga udah mulai banyak. Kalo gasalah ada 4 matkul yang berkaitan sama praktikum, jadi di tahun inilah saya mulai rutin bercengkrama dengan keheningan malam sambil bikin laporan tapi hehe.

Di tahun ketiga mulai ada yang namanya peminatan. Apasih peminatan ? jadi di Elektro Itenas itu di tahun ketiga kita disuruh pilih mau minatnya kemana. Ada 3 peminatan, yaitu elektronika, teknik tenaga listrik, dan telekomunikasi. Kebetulan saya sendiri milih telekomunikasi. Setelah masuk peminatan kelas pun jadi rubah tergantung peminatannya kemana dan jumlah mahasiswa nya pun berbeda-beda tiap angkatannya. Kalau pas angkatan saya teknik tenaga listrik paling banyak mahasiswanya disusul telekomunikasi dan paling sedikit elektronika. Nah buat perkuliahannya sendiri bisa dibilang mirip-mirip sama tahun kedua, praktikum dan matkulnya lumayan melelahkan juga.

Sekarang di tahun keempat kaya gimana nih. Nah di tingkat akhir ini bisa dibilang udah mulai turun tingkat kepadatan perkuliahannya. Praktikum juga tidak sebanyak semester sebelumnya. Tapi tantangannya adalah kita harus ngerjain laporan kerja praktek dan dilanjut lagi sama proposal seminar tugas akhir yang idealnya harus selesai di semester 7. Jadi entar di semester 8 tinggal ngerjain tugas akhirnya deh.

Tadi kan udah cerita sedikit tiap semeternya. Nah sekarang saya pingin cerita keseluruhan tentang kuliah di elektro nya. Kuliah di elektro cocok sama kamu yang suka matematika, fisika, analisis, dan juga logika karena itu yang bakal jadi sahabat km setiap harinya. Jadi buat yang gasuka matematika ya harus suka kalau mau kuliah di elektro. Otak ngebul mah udah biasa, bayangin aja kuliah seharian dari pagi sampe sore ketemu matkul yang isinya ngitung semua hehehe. Terus kalo kuliah di teknik pasti jadi rutinitas deh yang namanya begadang, biasanya tugas dan laporan praktikum penyebabnya. Siap-siapin aja stok kopi sama solatip buat ngeganjel mata. Sepenglihatan saya selama 3 tahun kuliah disini yag jadi masalah adalah buat beberapa mahasiswa yang kurang punya basic baik di matematika atau fisika nya jadinya pada keteteran pas awal-awal dan harus extra usaha buat ngejarnya. Tapi itu bisa dilewati kok, contohnya ada temen saya dari sulawesi, dulunya dia anak IPS, iya bro bener anak IPS, dan sekarang masuk teknik yang ganyambung sama IPS  tapi IP nya bisa ngalahin anak-anak lain dan jadi asisten lab pula yang penting mau usaha dan jangan lupa berdoa.

Mungkin cuma segitu aja yang bisa saya tulis sekarang. Sorry juga kalo rada berantakan dan pusing bacanya, maklumi saja ini masih tulisan pertama saya hehe. Entar kalo ada waktu saya bakal tulis juga kisah di Itenas selain perkuliahan di elektro seperti lingkungan, teman, kegiatan, himpunan atau UKM nya. Makasih, Bye ! 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kecermatan, Ketepatan, dan Ketelitian

Ketelitian (presisi) adalah kesesuaian diantara beberapa data pengukuran yang sama yang dilakukan secara berulang. Tinggi rendahnya tingkat ketelitian hasil suatu pengukuran dapat dilihat dari harga deviasi hasil pengukuran. ketepatan (akurasi) adalah kesamaan atau kedekatan suatu hasil pengukuran dengan angka atau data yang sebenarnya (true value / correct result). Kecermatan adalah kedekatan hasil uji antara hasil yang diperoleh dengan nilai yang sebenarnya (true value) atau dengan nilai referensinya (Chown Chung Chan, 2004). Sumber http://setyokobreni.blogspot.com/2014/07/validasi-metode-analisis-menurutfda.html http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/instrumen_analisis/perlakuan-data-hasil/ketepatan-dan-ketelitian/

Gambar Ukuran Lapangan Tennis

Ukuran Lapangan Tennis Ukuran Net Tennis