Skip to main content

Contoh Resensi

CHAIRUL TANJUNG SEBAGAI CONTOH TELADAN


Judul                      : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
Penulis                   : Tjahja Gunawan Diredja
Penerbit                 : PT Kompas Media Nusantara
Tahun Terbit          : 2012
Total                      : xv + 384 halaman



Buku ini ditulis oleh Tjahja Gunawan Diredja, ia adalah seorang wartawan harian kompas kelahiran Subang 8 Maret 1966. Beliau pernah aktif dalam berbagai diskusi dan gerakan mahasiswa Bandung. Mendirikan Forum Wartawan Independen (FOWI) di Bandung tahun 1995. Banyak menulis soal perbankan, ekonomi makro, dan properti. Pernah ditugaskan sebagai wartawan Kompas di Istana Kepresidenan. Masih banyak lagi sebenarnya prestasi yang diperoleh oleh sang penulis, maka tidak diragukan lagi isi buku ini karena biografi Chairul Tanjung ditulis juga oleh orang yang berprestasi.
                
Gagasan dalam buku ini menunjukkan perjuangan seseorang untuk mencapai kesuksesannya. Buku ini bercerita bagaimana sosok Chairul Tanjung yang merupakan pengusaha besar saat ini dalam mencapai kesuksesannya. Di dalamnya bercerita usaha – usaha yang beliau lakukan dari bawah hingga akhirnya bisa mencapai puncak tertinggi. Buku ini mengandung pesan bagi mereka yang ingin maju dan ingin menaklukan berbagai rintangan dan cobaan dalam kehidupan dengan cara kerja keras, ikhlas, dan jujur.
                
Buku ini diawali dengan kisah dimana Chairul Tanjung (Selanjutnya ditulis CT) harus tinggal di Gang Abu, Batu Tulis, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada tahun 1970-an, salah satu lokasi terkumuh di Jakarta Saat Itu. Orangtua CT bertekad bahwa anak-anaknya harus sekolah tinggi agar bisa terlepas dari jerat kemiskinan. CT akhirnya dapat kuliah di universitas negeri karena biayanya yang lebih murah. Namun, karena keterbatasan ekonomi ibunya harus menjual kain halus miliknya untuk membiayai CT kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Hal inlah yang menjadi cambuk bagi CT untuk tidak lagi merepotkan orangtua dalam hidupnya.
                
Waktu menjadi mahasiswa,ia membiayai sendiri kuliahnya. Karena mempunyai relasi yang luas akhirnya CT membuka usaha fotocopy yang harganya dibawah tempat lain di sekitar kampus. Juga pernah menjual alat-alat kedokteran gigi walaupun akhirnya gagal. Di kampus pun ia orang yang aktif berorganisasi, buktinya CT pernah menjadi ketua Ex-officio dewan mahasiswa UI. Lantas pada 1984, ia terpilih jadi koordinator mahasiswa se-jakarta. Pada tahun Yang sama, ia juga terpilih jadi mahasiswa teladan tingkat nasional.
                
Setelah kuliah bukannya menjadi dokter gigi, tapi CT melanjutkan bisnisnya. Ia pernah membuka pabrik sepatu untuk ekspor. Lama-kelamaan CT mulai menjadi seorang pengusaha yang sukses. Karena ia mulai dikenal, pada tahun 1990-an ia dipercaya untuk mengambil alih dan memperbaiki kondisi Bank Karman yang kondisinya sangat buruk saat itu. Di dunia bisnis hiburan CT membangun Trans TV dan beberapa tahun kemudian membeli sebagian besar saham TV7 yang keduanya sekarang adalah saluran TV paling top di negeri ini. Beberapa usaha lain yang ia miliki yaitu portal berita Detik dan perusahaan ritel Carrefour. Ia juga pernah ditunjuk sebagai salah satu penyusun visi Indonesia tahun 2030 oleh Presiden RI.
                
Banyak sekali kelebihan dalam buku ini. Dari segi penulisan, bahasa yang digunakan cukup menarik dan cocok bagi semua kalangan. Buku ini banyak mengandung pesan dan nilai yang sangat penting dalam kehidupan kita, contohnya seperti bekerja keras, menghormati orangtua, dan menolong sesama manusia. Juga banyaknya kisah-kisah yang dapat menginspirasi kehidupan kita.

                
Kehadiran buku ini sangat layak diapresiasi karena isinya yang sangat bagus. Buku ini cocok dibaca bagi generasi muda Indonesia yang ingin sukses dan membangun Indonesia lebih baik di masa depan nanti dengan hasil kerja kerasnya sendiri. Salah satu pesan yang dapat diambil dari buku ini yaitu bahwa kesuksesan ada di tangan kita sendiri bukan warisan keluarga konglomerat dan bila bekerja keras diiringi doa Insya Allah kita akan sukses.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kecermatan, Ketepatan, dan Ketelitian

Ketelitian (presisi) adalah kesesuaian diantara beberapa data pengukuran yang sama yang dilakukan secara berulang. Tinggi rendahnya tingkat ketelitian hasil suatu pengukuran dapat dilihat dari harga deviasi hasil pengukuran. ketepatan (akurasi) adalah kesamaan atau kedekatan suatu hasil pengukuran dengan angka atau data yang sebenarnya (true value / correct result). Kecermatan adalah kedekatan hasil uji antara hasil yang diperoleh dengan nilai yang sebenarnya (true value) atau dengan nilai referensinya (Chown Chung Chan, 2004). Sumber http://setyokobreni.blogspot.com/2014/07/validasi-metode-analisis-menurutfda.html http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/instrumen_analisis/perlakuan-data-hasil/ketepatan-dan-ketelitian/

Tiga Tahun Di Elektro Itenas

Ya jadi di tulisan ini saya pingin berbagi cerita 3 tahun kuliah di elektro Itenas rasanya kaya gimana, buat cerita diluar perkuliahan nnt terpisah ya. Ohiya dan kebetulan saya searching di google jarang anak Itenas yang nulis blog tentang kampusnya cuma ada beberapa doang jadi kepikiran deh buat nulis. Sebenernya udah lama sih kepikiran pingin nulis, ada kali dari 3 tahun lalu pas masih maba, tapi lain di hati lain di tindakan hehehe.

Gambar Ukuran Lapangan Tennis

Ukuran Lapangan Tennis Ukuran Net Tennis